Seni, Budaya dan Wisata
Diposting tanggal: 01 Januari 2015

Masyarakat Jembrana tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Banyak sanggar tumbuh baik anak-anak melalui sekolah-sekolah maupun masyarakat di banjar/lingkungan, serta ibu-ibu melalui kegiatan Dharma Wanita, PKK sampai pada kegiatan di banjar/lingkungan.  Kesenian yang banyak diminati antara lain Gong Kebyar, Jegog, Joged Bungbung dimana Jegog merupakan kesenian khas Jembrana, dan satu kesenian yang tetap dilestarikan adalah Kendang Mebarung.

Sebagai bagian dari pulau Bali yang termasyur keindahannya, Jembrana juga dianugrahi potensi alam yang memikat meskipun tidak didukung oleh pantai pasir putih.  Terdapat daerah tujuan wisata alamiah yang berwujud keindahan alam, flora dan fauna seperti : Pantai Medewi, Pantai Delodbrawah, Pantai Baluk Rening dan Teluk Gilimanuk.

Di Kabupaten Jembrana terdapat kawasan pelestarian dan cagar budaya dimana salah satunya yang terkenal ada di Kawasan Nasional Bali Barat seluas 19 ribu hektar lebih. Di kawasan ini kita bisa melihat keindahan burung Jalak Bali yang sudah sangat terkenal karena keindahan warna bulunya itu.

Salah satu atraksi wisata di Kabupaten Jembrana yang juga terkenal sampai manca negara  adalah Mekepung yaitu tradisi balapan yang ditarik oleh sepasang kerbau. Di Bali, khususnya di bagian barat, Makepung ini merupakan event tradisional yang dilakukan beberapa kali setiap tahun, dan atraksi wisata ini hanya ada di Jembrana.

Sehari sebelum balapan, arena Makepung telah dipadati oleh para pelomba dari berbagai Desa, dengan membawa kerbau-kerbau mereka yang terbaik.. Ada dua kelompok Mekepung yang ikut bertanding, yaitu Sekaa Mekepung Ijo Gading Timur dan Sekaa Mekepung Ijo Gading Barat.