Pertanian
Diposting tanggal: 01 Januari 2015

Jembrana sebagai daerah agraris berkomitmen pada penyediaan pangan bagi kecukupan gizi pada kehidupan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pada tahun 2011 ketersediaan tanaman pangan khususnya beras di Kabupaten Jembrana mencapai 37.238,70 ton, sedangkan kebutuhan beras sesuai standar Pola Pangan Harapan (Nasional) 36.013,10 ton, sehingga masih ada kelebihan pangan sejumlah 1.225,60 ton. Komoditas tanaman pangan yang merupakan kebutuhan utama terdiri dari padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, dan ubi kayu.

Sementara itu komoditas tanaman holtikultura ada beberapa jenis yang merupakan produksi para petani Jembrana seperti : mangga, durian, pisang, rambutan, papaya, nenas, sawo dan jeruk. Disamping itu Jembrana juga banyak menghasilkan produk pertanian yang dikirim ke luar daerah bahkan sampai luar pulau berupa semangka dan melon.

Untuk produksi komoditas perkebunan Jembrana menghasilkan banyak kelapa, cengkeh, kakao dan kopi. Hasil produksi perkebunan ini memang lebih banyak dikirim ke luar daerah dengan nilai jual yang cukup bagus bagi peningkatan perekonomian masyarakat.